Senin, 04 Agustus 2008

Modifikasi Pakaian Daerah Untuk Seragam Pegawai Negeri Sipil



04 Agustus 2008

Munzir Baraqah


Majelis adat di daerah-daerah di seluruh Indonesia, diharapkan peranannya dalam membuat sebuah design pakaian seragam baru untuk Pegawai Negeri Sipil atau Instansi Swasta yang mencerminkan khas pakaian adat daerah setempat. yang dimodifikasi agar terkesan simple dan sederhana untuk memudahkan pemakaian sehari-hari tanpa meninggalkan image pakaian tradisional setempat sehingga upaya untuk memasyarakatkan kembali pakaian adat yang dahulu juga dipakai para pejabat kerajaan Nusantara dapat tumbuh kembali.

Kita mampu menciptakan busana menarik nan cantik. Banyak desainer dengan kepiawaian dan kematangannya dalam dunia fashion mampu merubah bentuk seragam pegawai pemerintah yang konservatif menjadi seragam ready to wear bernuansakan aksen tradisional daerah. Selaku anak bangsa yg mempunyai beragam pakaian khas tradisional yg mencerminkan ke agungan budaya, kita yakin mampu menciptakan inovasi baru busana seragam.

Koleksi seragam yang memiliki tampilan yang berbeda dengan penekanan pada aksen motif, kita akui, terlebih dahulu pemakaian aplikasi corak budaya ke dalam busana pemerintah memang sudah dilakukan terlebih dahulu oleh Pemerintah Thailand, India, dan Filipina. Makanya tak heran jika motif-motif negara tetangga lebih dikenal dunia internasional."Indonesia itu kan jauh jauh kaya dengan motif yang begitu unik. Makanya untuk bersaing, kita pasti tidak kalah dan lebih unggul. Sudah saatnya kita menonjolkan motif tradisional daerah, agar tidak selalu diklaim negara lain,"
Diharapkan kepedulian tinggi dari Pemerintah Daerah dan respon positif dari Pemerintah Pusat untuk menjaga agar budaya kita tetap hidup & berkembang sehingga menjadi daya tarik masyarakat luas.



Tidak ada komentar: