Selasa, 30 Desember 2008

Indonesian Destination/Wisata Indonesia (NTB)

WEST NUSATENGGARA (Prov. Nusa Tenggara Barat)


a. History/Tentang


b. Extraordinary/Keistimewaan


c. Location/Lokasi

Pantai Senggigi di Kab Lombok Barat, NTB. Terletak 12 km disebelah barat laut kota Mataram dan menghadap ke Gunung Agung di pulau seberangnya (Pulau Bali).

Pura Batu Bolong yg dibangun diatas karang didapat sekitar setengah jam menyusuri pantai senggigi. Dimalam hari saat purnama tiba, banyak yg menguburkan sebatas leher selama 2-3 jam,untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti pegal linu dan lumpuh. Jangan lupa mencicipi ayam Taliwang dan Plecing Kangkung yg ada hampir di setiap restoran. Juga oleh-oleh seperti mutiara dan kain tenun.

Tiga Gili (pulau kecil) yakni Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air, Pantai Kerandangan, dan Pantai Batu Layar. Batu Layar adalah tempat suci bagi para penganut Islam Wetu Telu di Pulau Lombok (suku Sasak).


d. Access/Akses

Menuju Pantai Senggigi melalui pelabuhan dan bandara di Pulau Lombok. Dari Pulau Bali, dapat berangkat dari Pelabuhan Karang Asem naik feri menuju Senggigi 30 menit. Selain dari Pelabuhan Karang Asem, juga dapat dari Pelabuhan Padang Bay di Bali menggunakan kapal feri menuju Pelabuhan Lembar di Pulau Lombok sekitar 4 jam. Setelah sampai di pelabuhan lembar, perjalanan ke kota Mataram. Dari Kota Mataram, Pantai Senggigi berjarak 11 km.


Empat titik penyeberangan antar pulau yang besar, diantaranya, di jalur

Pelabuhan Lembar, Lombok Barat ke Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali.

Pel. penyeberangan Kayangan, Lombok Timur ke Pel. Pototano, di Kab. Sumbawa Barat.

Penyeberangan dari Pelabuhan Sape, Bima. ke Pelabuhan Penyeberangan Labuan Bajo, Manggarai, NTT.


e. Ticketing/Harga Tiket


f. Accomodation & Other Facilities/Akomodasi & Fasilitas Lainnya

Tidak ada komentar: