Selasa, 30 Desember 2008

Indonesian Destination/Wisata Indonesia (NTT)

EAST NUSATENGGARA (PROV. Nusa Tenggara Timur)


a. History/Tentang


b. Extraordinary/Keistimewaan


c. Location/Lokasi

Taman Laut Selat Pantar, Kab Alor, Kupang

Keindahan Taman Laut Selat Pantar melingkupi perairan Alor Besar, Alor Kecil, Dulolong, Pulau Buaya, Pulau Kepa, Pulau Ternate dan Pulau Pura. Tercatat ada 26 titik selam yg mempesona seperti, Half Moon Bay; Peter’s Prize; Crocodile Rook; Cave Point; The Edge; Coral Clitts; Baeylon; The Arch; Fallt Line; The Pacth; Nine Delht; Kal’s Dream; The bAll; TripTop; The Mlai Hall; No Man’s Land; The Chatedral; School’s Ut; & Shark Close yg merupakan tempat kumpulan ikan hiu yg sangat bersahabat dengan para diver. Juga ada lumba-lumba abu-abu spesies langka.


d. Access/Akses

Menuju Taman Laut Selat Pantar : Wisatawan bisa datang dari Kupang, dengan kapal feri 13 jam menuju Larantuka. Kemudian naik kapal kayu ke pelabuhan laut Kalabahi sekitar1 jam. Didepan pelabuhan Kalabahi, yg berada di Kepulauan Alor, terbentang Taman Laut Selat Pantar.

PT (Persero) ASDP Cabang Kupang memiliki enam kapal feri, yakni KMP Ile Mandiri, KMP Ile Ape, KMP Umakalada, KMP Balibo, KMP Rokatenda dan KMP Cucut untuk melayani rute penyeberangan Kupang-Rote, Kupang-Larantuka, Kupang-Lewoleba, Kupang-Kalabahi, Kupang-Ende, Kupang-Aimere dan Kupang-Waingapu.


Transportasi laut ke luar Kabupaten Kupang, digunakan pelabuhan laut Tenau–Kupang. Untuk kebanyakan masyarakat Kabupaten Kupang yang berada dipulau Timor biasanya memanfaatkan Pelabuhan Tenno untuk kapal penumpang besar seperti KM Dobonsolo, KM Dorolonda, KM Wilis, KM Pangangaro, KM Sri Guntang dan lain-lainya yang datang secara reguler untuk sebagai media transportasi laut antar pulau, misalnya ke Pulau Jawa, Pulau Bali, Flores, Sumba, Maluku dan sebagainya.


Hubungan utama untuk mendukung angkutan penyeberangan laut antar pulau di Kabupaten Kupang adalah dengan menggunakan Kapal Motor Penyeberangan (Ferry). Jalur penyeberangan yang dilayani oleh Kapal Motor Penyeberangan Biasa (Ferry biasa) dan Kapal Motor Penyeberangan Cepat (Ferry cepat), yaitu :
Kupang – Seba (P. Sabu) = 2 kali seminggu = 115 Mil.


KMP JM Feri berangkat dari Pelabuhan Penyeberangan Bolok di Kupang, pada Selasa pukul 16.10 Wita


Pelabuhan Bolok I dan II. Merupakan pelabuhan permanen dengan fasilitas moveable brigde. Pelabuhan ini biasanya disinggahi Kapal Motor Penyeberangan Biasa (Ferry biasa) dan Kapal Motor Penyeberangan Cepat (Ferry cepat).
Pelabuhan Biu di Sabu Timur. Pelabuhan ini adalah pelabuhan beton dimana biasanya disinggahi kapal ferry, kapal barang dan bahkan kapal penumpang berskala kecil seperti: Kapal Motor seperti Wilis.
Kapal Ferry dari Kupang, Waingapu dan daerah lainnya di NTT hanya singgah seminggu sekali di pelabuhan ini. Pelayaran dari Kupang 6-10 jam.

Pelabuhan Raijua di Raijua hanya ada Kapal Motor kecil.
Pelabuhan Hansisi di pulau Semau. Pelabuhan ini merupakan pelabuhan plengsengan. Jarak pulau Semau dari Kupang hanya sejauh 15 sampai 30 menit berlayar dengan memanfaatkan perahu motor nelayan ataupun perahu penangkap ikan. Jenis transportasi ini biasanya tersedia setiap hari.
Pelabuhan Tablolong di Tablolong merupakan pelabuhan plengsengan dimana biasanya hanya kapal penangkap ikan dan sejumlah kapal barang yang akan singgah dipelabuhan ini. Pelabuhan ini hanya sejauh 20 menit berlayar dari pelabuhan Tenno atau Bolok di Kupang. Daerah Tablolong ini juga biasanya menjadi ajang dimana festival atau lomba memancing berlangsung.
Pelabuhan Naikliu di Naikliu. Pelabuhan ini merupakan pelabuhan plengsengan. Pelabuhan ini hanya sejauh 60 - 90 menit berlayar. Sarana transportasi laut ke daerah Amfoang menjadi plihan utama.

e. Ticketing/Harga Tiket


f. Accomodation & Other Facilities/Akomodasi & Fasilitas Lainnya

Di Taman Laut Selat Pantar tersedia rumah makan, penginapan, pemandu wisata dan perdagangan souvenir khas Pulau Pantar.

Tidak ada komentar: