Selasa, 30 Desember 2008

Indonesian Destination/Wisata Indonesia (SULUT)

NORTH SULAWESI (PROV. Sulawesi Utara)


a. History/Tentang


b. Extraordinary/Keistimewaan


c. Location/Lokasi


d. Access/Akses

Era 1990-an, Sulawesi Utara memasuki era baru bidang transportasi darat. Ini terjadi setelah dibangun pelabuhan penyeberangan di Kota Bitung, Kota Gorontalo, dan Desa Pananaru, Sangihe Talaud. Ketiga pelabuhan penyeberangan tersebut sangat menunjang angkutan darat.

Pelabuhan Bitung menghubungkan Sulawesi Utara dengan Ternate dan Kabupaten Sangihe Talaud. Pelabuhan Gorontalo merangkaikan jalur Sulawesi Utara dengan Pagimana di Sulawesi Tengah. Di Kota Bitung pun ada angkutan penyeberangan yang menghubungkan Pulau Lembeh dengan Kota Bitung.

Sekarang sedang dibangun tiga pelabuhan penyeberangan, yakni Siau di Kabupaten Sangihe, Melonguane (Kabupaten Talaud), dan Likupang (Minahasa Utara). Ketiga pelabuhan baru ini akan segera beroperasi. Tampak titik berat jaringan angkutan feri adalah ke arah timur dan utara. Ini bila dilihat dari posisi Manado sebagai ibu kota provinsi dan pusat perdagangan di Sulawesi Utara.

Sementara itu, jalur ke arah barat, yakni ke Kalimantan Timur, belum ada. Padahal, angkutan feri ke Kalimantan Timur cukup potensial. Selama ini, angkutan barang dari Sulawesi Utara ke Kalimantan Tirnur melalui Palu yg menimbulkan ekonomi biaya tinggi, waktu & resiko yg tinggi.


e. Ticketing/Harga Tiket


f. Accomodation & Other Facilities/Akomodasi & Fasilitas Lainnya

Tidak ada komentar: